Apa saja skill yang harus dimiliki Customer Service? Bagi sebagian orang mungkin sangat tertarik dengan pekerjaan customer service. Pekerjaan yang satu ini termasuk salah satu pekerjaan yang paling dicari karena pada dasarnya keberadaan dari customer service ini sendiri sangat penting dalam suatu perusahaan.
Perannya dinilai penting karena customer service merupakan orang yang akan berhadapan langsung pertama kali dengan para pelanggan. Biasanya para pelanggan berurusan dengan customer service ketika akan bertanya atau mengajukan keluhan.
Jika Anda sangat tertarik dengan pekerjaan ini simak apa saja skill yang harus dimiliki customer service.
7 Skill Yang Wajib Dimiliki Seorang Customer Service
Berkomunikasi Dengan Baik
Setiap pekerjaan kebanyakan akan menekankan kemampuan karyawannya untuk memiliki komunikasi yang baik. Hal tersebut bertujuan agar dalam kegiatan bekerja bisa berjalan dengan lancar begitu juga dengan seorang customer service.
Ketika menjadi CS, skill utama yang harus dimiliki adalah berkomunikasi dengan baik. Alasannya karena semua pekerjaan yang dilakukan oleh customer sevice berkaitan dengan komunikasi.
Ketika berhadapan dengan para pelanggan seorang CS akan dituntut untuk bisa mengkomunikasikan semua hal dengan baik karena tidak jarang CS akan menjadi tempat untuk meluapkan amarah para pelanggan.
Jadi selain bisa berkomunikasi dengan baik, sikap profesional juga sangat ditekankan pada skill yang harus dimiliki customer service ini karena CS harus selalu bisa mengontrol emosinya dan mengutamakan komunikasi dengan pelanggan.
Seorang CS juga akan dituntut untuk memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan oleh karena itu untuk menghindari adanya kesalahpahaman maka CS harus memiliki skill komunikasi yang baik.
Memahami Produk Dengan Baik
Selanjutnya dalam menghadapi para pelanggan tentunya akan muncul berbagai pertanyaan yang akan dilayangkan para pelanggan terkait produk perusahaan yang dimiliki. Oleh karena itu skill selanjutnya adalah harus memahami produk dengan baik.
Anda akan diminta menjelaskan setiap detail produk yang dimiliki kepada pelanggan. Tentunya dalam menerangkan produk tersebut harus jelas agar mudah dipahami pelanggan.
Tenang dan Sabar
Skill yang harus dimiliki customer service selanjutnya adalah tenang dan sabar. Ketika menghadapi orang lain yaitu pelanggan kunci utamanya adalah tenang dan sabar. Jadi ketika keluhan datang bertubi-tubi, Anda akan bisa menyelesaikan masalah tersebut secara profesional.
Perlu diingat bahwa karakteristik setiap orang berbeda-beda, oleh karena itu Anda harus bisa tetap tenang dan sabar dalam menghadapinya. Jangan sampai Anda terpancing emosi karena hal tertentu, hal tersebut dapat mencoreng citra bisnis Anda.
Memiliki Manajemen Waktu Yang Baik
Tugas utama seorang customer service adalah bertemu dengan para pelanggan untuk menghadapi pertanyaan ataupun keluhan yang dilayangkan.
Oleh karena itu kesuksesan yang bisa dilihat dari seorang customer service adalah seberapa cepat kemampuan yang dimiliki dalam menyelesaikan kebutuhan para pelanggan. Jadi skill selanjutnya yang harus dimiliki customer service adalah bisa memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.
Dengan manajemen waktu yang baik ini customer service tidak akan membuang banyak waktu para pelanggan karena hal ini juga menentukan tingkat kepuasan. Customer service harus selalu sigap dan cepat dalam memahami situasi yang sedang dihadapi pelanggan.
Kemudian CS akan menawarkan solusi yang tepat namun bila ternyata solusi tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi maka CS bisa mengarahkan ke bagian lain pada perusahaan tersebut.
Adaptasi
Seorang customer service juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Pada pekerjaannya seorang customer service memang akan diberikan sebuah script oleh perusahaan untuk bisa menjawab semua pertanyaan maupun keluhan.
Hal ini bertujuan agar semua tanggapan yang diberikan selalu konsisten pada setiap pelanggan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh suatu perusahaan.
Nah namun tidak jarang juga customer service akan dihadapkan oleh beberapa masalah baru, oleh karena itu customer service harus bisa beradaptasi dengan baik dan tidak terfokus pada script yang tersedia saja.
Kemampuan Persuasif
Tugas menjadi customer service dapat dikatakan lumayan banyak karena semuanya berkaitan dengan pelanggan. Skill yang harus dimiliki customer service selanjutnya adalah memiliki kemampuan persuasif.
Tidak hanya problem solving saja yang ditekankan di sini namun menjadi customer service juga harus bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli maupun melanjutkan layanan langganan.
Bertanggung Jawab
Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab begitu juga dengan seorang customer service. Kemampuan ini wajib dimiliki dan tentunya harus diterapkan selama pekerjaan tersebut, hal yang dilakukan di antaranya bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik serta bertanggung jawab dalam memberikan solusi yang tepat kepada pelanggan.
Itulah informasi dari Union Logistics tentang 7 skill yang harus dimiliki customer service. Cek juga pembahasan mengenai Berbagai Cara Menangani Keluhan Pelanggan.
Berdasarkan informasi di atas apakah Anda semakin tertarik dengan pekerjaan ini? Jika tertarik maka pahami dengan baik apa saja skill yang harus Anda kembangkan maupun dipelajari lagi lebih mendalam.