Pembahasan kali ini cocok bagi seorang yang ingin memperluas jangkauan pasar bisnis Anda dengan benar. Bila Anda yang sedang terjun di dunia bisnis sudah pasti harus mengenal yang namanya jangkauan pasar bisnis.
Terlebih setiap bidang usaha akan senantiasa meningkatkan jangkauan bisnisnya sehingga lebih berkembang dan mendapat hasil optimal.
Apa Itu Jangkauan Pasar Bisnis?
Sebelum mengetahui bagaimana cara meningkatkan jangkauan pasar dalam suatu bisnis, akan lebih baik jika Anda memahami lebih jauh mengenai definisi-nya.
Secara umum, jangkauan pasar merupakan luas area tertentu yang berkaitan dengan pangsa pasar produk perusahaan. Dengan kata lain, definisi jangkauan pasar bisnis berkaitan dengan area pangsa pasar yang menjadi target penjualan produk atau jasa suatu perusahaan.
Memperluas jangkauan pasar tentu akan membuat bisnis tersebut berkembang semakin luas. Semakin besar jangkauan bisnis yang usaha Anda miliki, maka angka penjualan akan semakin terbuka lebar.
Peningkatan brand awareness juga akan semakin meningkat sehingga produk Anda akan semakin dikenal luas oleh masyarakat.
5 Cara Memperluas Jangkauan Pasar Pada Bisnis
Semakin lama berjalannya suatu bisnis, tentu Anda tidak hanya sekadar akan mempertahankan eksistensi-nya saja. Diperlukan beberapa upaya untuk memperluas dan meningkatkan jangkauan pasar bisnis tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan;
Menemukan Demografi Target Baru
Ketika Anda akan membuat suatu bisnis, target pasar merupakan salah satu prioritas penting yang akan di sasar. Target pasar inilah yang kemudian akan membuat bisnis Anda semakin bertahan karena mereka berperan sebagai konsumen atau pelanggan.
Meski demikian, jika ingin bisnis semakin berkembang maka Anda tidak hanya dapat bertahan dengan target pasar tersebut. Anda juga harus mencari tahu siapa lagi yang dapat menjadi target pasar produk Anda sesuai dengan keuntungan yang didapatkan-nya.
Jika demografi dari target baru ini sudah didapatkan, Anda akan mendapatkan manfaat jangkauan pasar yang lebih besar. Selain itu, Anda juga dapat mulai melakukan promosi di berbagai targeted media hingga membuat kampanye yang lebih unik.
Melakukan Diversifikasi
Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk memperluas jangkauan pasar yakni dengan melakukan hal-hal inovatif seperti menawarkan produk atau layanan dengan pasar yang lebih luas. Tentu saja dengan tetap memperhatikan relevansi produk tersebut dengan kebutuhan pasar.
Produk yang inovatif serta semakin berkembang dan beragam akan membantu para pelanggan lama untuk terus melakukan transaksi. Diversifikasi produk bahkan juga akan membantu Anda menjangkau pelanggan baru hingga membuat basis pelanggan menjadi luas.
Sebagai contoh jika bisnis Anda berfokus pada satu produk tertentu, coba pertimbangkan kembali variasi atau tambahan lain pada produk tersebut. Hal ini diyakini akan dapat menarik segmen pasar berbeda yang akan membuat bisnis Anda semakin berkembang.
Memperkuat Hubungan Dengan Konsumen
Sebagai pebisnis, Anda tentu paham jika konsumen merupakan raja. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan para konsumen tersebut untuk meningkatkan jangkauan pasar bisnis dari bisnis yang sedang Anda kelola.
Ketika satu konsumen berhasil dilayani dengan baik dan merasa puas dengan produk yang Anda sediakan, maka secara otomatis mereka akan bersedia menjadi brand ambassador dari produk tersebut. Hal ini akan membuat produk Anda dapat dipromosikan secara tidak langsung.
Jika satu orang konsumen dapat mendatangkan 5 konsumen baru misalnya, maka jika di kali kelipatan-nya Anda akan memperoleh lebih banyak konsumen baru yang lain. Diawali dari satu konsumen, pasar produk tersebut akan semakin luas.
Berkolaborasi Dengan Brand Lain
Meningkatkan jangkauan bisnis juga dapat dilakukan dengan berkolaborasi dengan pihak atau brand lain. Tentu Anda jangan terlalu menganggap bahwa brand lain merupakan kompetitor yang saling bersaing.
Padahal dengan melakukan kolaborasi, jangkauan pemasaran bisnis keduanya akan semakin besar. Tidak hanya itu, brand awareness yang dimiliki kedua produk akan meningkat.
Terlebih dengan cara memperluas jangkauan pasar yang satu ini, jangkauan menjadi tujuan dari peningkatan angka penjualan dan pengembangan bisnis.
Salah satu contohnya pada brand-brand besar yang saling berkolaborasi dengan mengeluarkan produk-produk unik yang membuat banyak orang penasaran. Dengan menjalin kolaborasi, bukan tidak mungkin target brand lain akan menjadi target pasar brand Anda juga.
Perluas Pasar Secara Online
Di zaman yang serba maju saat ini, tidak dapat dipungkiri kalau berbagai bisnis perlu memanfaatkan teknologi dalam menangkap peluang baru.
Sebagai contoh, Anda dapat menyiapkan toko online yang sederhana hingga memanfaatkan berbagai platform e-commerce untuk bisnis.
Semakin berkembangnya teknologi, Anda juga dapat mulai membuat aplikasi consumer instan yang akan membuat pelanggan semakin mudah menjangkau produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian, pelanggan akan meningkat dan Anda dapat memberi pelayanan secara lebih optimal.
Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pasar bisnis secara lebih efektif. Mulai dari melakukan berbagai inovasi hingga memanfaatkan teknologi terkini. Nah, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda dalam berbisnis!